Belajar Membatik: Langkah-Langkah Dalam Membuat Batik

posted in: Artikel Batik | 0

Langkah Belajar MembatikDalam tulisan persiapan alat belajar membantik sebelumnya, teman-teman sudah dijelaskan mengenai alat dan bahan ketika hendak membatik maupun akan belajar batik. Nah, kali ini, tulisan ini akan mencoba menjelaskan mengenai proses membatik dengan langkah-langkah yang cukup sederhana agar kalian bisa mencoba.

Pertama, ketika sudah menyiapkan peralatan membatik, upayakan kain mori yang hendak dibatik ditata sedemikian rupa. Hal ini menghindari agar batik tidak kusut dan kita sendiri mudah membatik kainnya.

Kedua, selanjutnya kalian bisa memanaskan lilin / malam di kompor dan wajan yang telah disiapkan. Upayakan menjaga kestabilan suhu kompor agar tetap panas sehingga lilin / malam dapat mencair secara merata.

Ketiga, setelah siap masukkan cairan lilin ke dalam canting dan ukirlah kain batik dengan canting dan malam sesuai dengan motif yang sebelumnya telah digambar pada kain. Oya, sebelum lilin di ukir ke kain, ada baiknya, ujung canting ditiup-tiup secara perlahan. Ini kiat agar lubang canting tidak tersumbat dan lilin/malam dapat mengalir lancar.

Keempat, batiklah kain dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa terlebih bila Anda belum professional benar. Selesaikan membatik dari urutan atas ke bawah, samping kiri ke kanan atau sebaliknya, sehingga selesai secara teratur.

Kelima, setelah selesai, biasanya kita bisa langsung melakukan pewarnaan. Namun bila harus menunggu keesokan harinya, simpanlah dengan posisi melipat yang benar agar menghindari patahan-patahan pada lilin. Patahan tersebut akan berpengaruh pada saat proses pewarnaan.

Keenam, Kain yang sudah dililin bisa langsung diberi warna melalui proses pewarnaan. Pada saat proses ini, kalian bisa melakukannya beberapa kali sesuai dengan warna yang diinginkan.

Ketujuh, selanjutnya setelah diberi warna, lilin pada kain akan dilorot, nama prosesnya ialah pelorotan. Ketika melorot, biasanya digunakan air yang telah panas mendidih, agar lilin dapat terlepas dengan mudah.

Kedelapan, setelah proses pewarnaan dan pelorotan, kain batik tersebut dapat dibilas menggunakan air bersih dan selanjutnya bisa dijemur.

Kesembilan, setelah proses tersebut selesai jemurlah kain pada tempat yang teduh dan terangin-angin, hindari secara langsung cahaya matahari yang berlebihan.

Selamat mencoba belajar membatik ya Youngsters 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − five =