Bingung Gimana Merawat Batikmu ???

posted in: Artikel Batik | 0

Batik memang sesuatu yang istimewa di Indonesia, terutama untuk kita anak muda yang cinta akan produk Indonesia. Sesuatu yang istimewa harus dijaga dan dirawat dengan istimewa pula. Kalian punya batik di rumah ? Jaket batik misalnya, pasti tidak akan rela apabila jaket batik kesayangan kita cepat rusak.

Berikut ini ada beberapa tips simple, bagaimana kMotif Batik Mega Mendungita merawat batik supaya tetap awet :

  1. Mencuci batik tidak harus dengan detergent, bisa dengan shampo bayi atau sabun khusus pencuci batik yaitu lerak.
  2. Dalam proses pencucian, batik jangan di sikat/ di gosok dengan alat apapun apalagi dengan mesin cuci. Bisa-bisa malah akan merusak batik kalian, cukup di kucek dibagian yang kotor saja numun perlahan.
  3. Pada saat penjemuran jangan sampai terkena sinar matahari langsung, jadi cukup di angin-anginkan saja.
  4. Dan ingat, batik tidak usah diperas, biarkan saja kering secara alami.
  5. Setelah kering dan jika kalian ingin menyetrika, jangan sampai terkena alat setrikaan langsung. Lebih baik di lapisi dengan kain lainya, supaya batik tidak terkena panas langsung dari setrika.
  6. Gunakan lerak, supaya batik tetap harum/wangi jadi kita tidak usah lagi menggunakan pewangi lainnya. Namun jika lerak tidak ada dan tetap ingin menggunakan pewangi, sebaiknya juga dilapisi dengan kain yang lain.
  7. Simpan batik kesayangan kalian dengan dibungkus plastik supaya tetap awet.
  8. Dan jangan beri tambahan wewangian seperti kapur barus. Karena kapur barus akan dapat merusak batik dengan wanginya yang menyengat.

Itu tadi tips simple merawat batik, tidak sulitkan ? Memang harus sedikit telaten, karena barang istimewa juga harus mendapatkan perawatan yang istimewa pula. Untuk yang punya batik selamat mencoba.  😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − nine =