Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara sebagai Ajang untuk Melestarikan Batik

posted in: Artikel Batik | 0

Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) menyelenggarakan ajang Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara. Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan akan warisan budaya Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda, juga sebagai upaya pelestarian dan pengembangan batik yang telah diakui UNESCO sebagai warisan dunia bukan benda pada tahun 2009. Harapan diadakannya ajang ini adalah untuk meningkatkan kualitas batik tanah air sehingga mampu menjadi produk kreatif yang bisa memberikan dampak positif pada perekonomian nasional.

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara ini telah berjalan dua kali, yaitu pada tahun 2011 dan tahun 2012. Peserta merupakan putra-putri Indonesia yang memiliki berbagai prestasi dan berpenampilan menarik dan tentunya mempunyai perhatian yang tinggi terhadap batik. Dan mereka yang berhasil menjadi pemenang bukan hanya karena penampilan mereka yang menarik, komunikasi dan wawasan mereka tentang batik pun dinilai sangat baik. Misalnya ada yang berprofesi sebagai desainer batik, menulis skripsi tentang batik, pengusaha batik, sampai penulis buku batik. Untuk tahun 2013 ini kita tunggu saja ya pada Hari Batik Nasional nanti Youngster 🙂

Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) yang terpilih memiliki tugas untuk memperkenalkan batik tak hanya kepada generasi muda Indonesia, namun juga bangsa asing. Salah satunya adalah bekerja sama dengan dinas pariwisata daerah untuk menjadikan finalis PPBN sebagai duta batik di daerahnya masing-masing. Selain itu Putra Putri Batik juga bertugas mewartakan kepada seluruh dunia tentang Indonesia sebagai rumah batik.

Pada ajang pemilihan Putra Putri Batik Nusantara 2012 terpilihlah Muhammad Ihsan Pribadi dari Jakarta dan Indah Anggani dari Bandung. Malam final pemilihan ini dilakukan pada 2 Oktober 2012 di Balai Kartini, Jakarta, bertepatan pada saat perayaan Hari Batik.

Putra-putri Batik Nusantara

Sebagai generasi muda Indonesia sudah selayaknya kita bangga memiliki batik, dan sebagai salah satu bentuk apresiasinya yuuk kita pakai batik asli Indonesia, baik itu jaket batik pria, kemeja batik, blouse batik, blazer batik atau aksesori batik yang bisa buat ajang gaul. Semua produk tersebut bisa Anda dapatkan di Medogh Shop :)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + eight =