Tips Membedakan Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print

Tips Membedakan Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print

Pabrik Batik CapDalam tulisan sebelumnya, sudah dibahas secara lebih rinci mengenai batik tulis, batik cap dan batik print. Ketiganya jelas berbeda, baik dari sisi kualitas, cara pembuatan hingga masalah harga. Untuk itu tak ada salahnya kita tahu dan mengenali secara detail tiga jenis batik yang ada, agar memudahkan Anda untuk menyesuaikan pilihan pada baju batik yang Anda kehendaki. Berikut ciri-ciri dasar yang membedakan ketiganya.

Pertama, dari jenis motif saja sebenarnya Anda sudah bisa membedakan ketiga jenis batik tersebut. Apakah masuk ke kategori batik tulis, cap atau printing. Umumnya, batik tulis memiliki motif yang berbeda dalam satu kain, batik cap biasanya akan memiliki corak motif yang sama dalam satu kain karena proses pembuatannya sendiri menggunakan cap pada kain. Sedangkan batik print motifnya menyesuaikan. Artinya bisa sama bisa juga tidak sama. Hal ini tergantung ornament dan motif yang digunakan. Perbedaan mendasar ini berkaitan juga pada jumlah produksi. Batik tulis umumnya lebih limited dan jarang bisa dikembari karena perbedaan motif dalam kain. Sedangkan pada batik cap dan printing biasanya jumlah produksinya banyak dan akan mudah dikembari.

Kedua,pada batik tulis, motif yang digambar dapat tembus pada kedua sisi. Motifnya pun cenderung bisa dikatakan lebih rapi karena telaten dikerjakan oleh tangan. Sedangankan batik cap dan batik printing ornament dan motif yang dihasilkan tidak jarang kurang rapi dan sedikit mleber. Anda bisa melihat dan membuktikan sendiri, Ditinjau dari aspek lainnya, batik tulis umumnya tembus pada kedua sisi kain, sama pula dengan batik cap. Namun berbeda dengan batik printing yang hanya tampak jelas pada satu sisi kain dan tidak tembus pada sisi sebelah kain lainnya.

Ketiga, dari sisi pengerjaanya batik tulis akan jelas memakan waktu yang lebih lama ketimbang batik cap dan printing. Sehingga dari sisi kualitas dan hasil pun akan jauh berbeda. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada harga.
Keempat, sebagai perbandingan saja, harga jual dari sebuah batik tulis bisa berkisar antara Rp 300 ribu bahkan mencapai 10 juta untuk jenis batik tulis tertentu berukuran 1 x 2,1 meter. Sedangkan harga batik cap berkisar antara Rp 25.000,- hingga Rp 100.000. Dan yang paling murah jelas batik printing yang harganya berkisar Rp 15.000 – Rp 40.000. Bila Anda ingin berbelanja, dari situ sebenarnya Anda sudah bisa melakukan perbandingan harga harga untuk mengetahui kualitas kain batik yang Anda beli, apakah batik tulis, batik cap atu batik printing.