Lomba Desain Batik khas Kabupaten Kulon Progo

posted in: Event | 0

Youngsters, lomba desain batik khas Kulon Progo yang diadakan Kabupaten Kulon Progro, Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata berhasil menarik banyak peserta dengan total desain batik yang sudah terkumpul hingga batas waktu pengumpulan 10 April 2012 sebanyak 163 desain batik.

Lomba Batik Khas Kulon Progo
Ilustrasi: Lomba Batik Khas Kulon Progo

Pesera lomba desain batik khas kulon progro ini ternyata tidak hanya dimeriahkan oleh designer batik di Kabupaten Kulon Progo dan sekitarnya. Terbukti banyak juga peserta yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan bahkan ada yang dari luar Jawa.

Pengumuman pemenang lomba desain batik khas Kulon Progo ini rencananya akan diumumkan pada tanggal 6 Mei 2012. Sebelum diumumkan pemenangnya, desain batik yang terpilih sebagai nominasi pemenang akan dipresentasikan terlebih dahulu du depan Bupati Kulon Progro Hasto Wardoyo.

Nantinya desain batik yang memenangi lomba ini batiknya akan diluncurkan pada acara Festival Kesenian Rakyat di Desa Banjarsari, kompleks Boro Asri Menoreh pada hari Jum’at tanggal 25 Mei 2012. Pada festival kesenian ini selain ada pertunjukan kesenian Kulon Progro juga akan digelar peragaan busana dan pemeran yang memajang desain batik peserta lomba, serta lelang batik tulis pemenang lomba desain batik khas Kulon Progo.

Diharapkan juga nantinya desain batik yang menang dapat segera diproduksi secara masal melalui kerjasama UMKM dan dinas yang terkaid. Sehingga dapat dijadikan seragam yang digunakan PNS, pamong desa, siswa sekolah, dan karyawan di Kulon Progo dan menghidupkan industri batik di Kabupaten yang terletak di sebelah barat kota Yogyakarta ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 1 =