Batik Danar Hadi Fenomena Batik Branded

posted in: Artikel Batik | 0

Batik Danar Hadi memang merupakan brand batik yang sekarang stand out di pasaran Batik Indonesia. Nama Batik Danar Hadi pun sudah melanglang buana ke beberapa negara. melihat dari websitenya Batik Danar Hadi saja sudah dapat kita simpulkan bahwa brand ini sudah mendunia.

Begitu kita buka websitenya Batik Danar Hadi langsung kita lihat flash player yang menampilkan slide show koleksi koleksinya dipakai oleh model model yang cantik. Kalau dilihat dari sisi internet marketing yang mengedepankan SEO, sepertinya website ini tidak melihat SEOnya, karena menurut saya kok tidak SEO friendly. Yah satu lagi poin yang membuat Brand Batik Danar Hadi terlihat sangat maju.

Batik Danar Hadi pun memiliki museum. Museum tersebut dinamai Museum Batik Danar Hadi, menempati bekas bangunan klasik gabungan arsitektur Jawa dan Eropa (dikenal masyarakat sebagai Ndalem Wuryaningratan, lokasinya di tepi Jalan Slamet Riyadi, Solo). Menurut ownernya Batik Danar Hadi yang juga pemilik museum, Bapak Santosa Dullah, museum ini direnovasi tahun 1999 yang lalu. Tanggal 20 Oktober 2000 Ibu Megawati meresmikannya, dengan nama  “Galeri Batik Kuno Danar Hadi“. Namun,  saat ini  telah berubah nama menjadi  “Museum Batik Danar Hadi“.

Berikutnya yang membuat saya sebagai editor Batikmeriah ini kagum akan batik Danar Hadi ini adalah dari sisi bisnisnya. Batik Danar Hadi mampu menjadi batik branded mendampingi Batik Keris dan menyambang pasar internasional. Walau sayang saya sering melihat dan mendengar Batik Danar Hadi banyak menjual batik printing (dijualnya pun dengan harga relatif tinggi) di tengah-tengah upaya kita semua untuk mengedepankan Batik Asli (Cap ataupun Tulis) untuk dilestarikan. Namun mau bagaimana lagi, mengambil pasar batik printing menurut saya memang dapat meraup keuntungan yang lumayan besar.

Walaupun begitu Batik Danar Hadi memang patut diacungi jempol. Karena perusahaan ini mampu menjadi icon fashion batik Indonesia dan memperkenalkannya ke skala internasional. Lihat saja upaya up-to-date nya yang menggandeng model model anak muda sehingga membuat batik tidak terkesan harus dipakai oleh orang orang tua lagi. Bravo Batik Danar Hadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 5 =