Pasar Klewer: Ikon Pasar Batik Solo

posted in: Artikel Batik | 0

pasar klewer soloBerbicara mengenai batik, salah satu pasar terkenal yang menjadi sentral perdagangan batik di Indonesia adalah Pasar Klewer. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang letaknya berada di pusat Kota Solo, tepatngnya sebelah utara alun-alun Kota Solo.

Dalam perkembangannya, bangunan pasar ini telah berulang kali direnovasi. Meski demikian, unsur tradisionalnya tidak sepenuhnya hilang.

Di lantai dasar, pengunjung akan ditawari beragam produk bernuansa batik, beberapa kiospun menyediakan seprei hingga baju sarimbit yang dapat digunakan berpasangan. Di lantai 2, Youngsters akan mendapati pakaian kemeja, celana jeans, kaos, jaket dll dengan harga dan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kondisi toko umumnya.

Dulunya pasar ini merupakan salah satu pasar yang menjadi tempat transaksi jual beli masyarakat keraton. Disamping itu, Pasar ini menjadi simbol dan identitas kota Solo dan telah terkenal hingga ke kawasan Asia. Hingga kini, omzet dari pasar klewer ini mencapai 6 Miliar perharinya. Sehingga keberadaannya merupakan salah satu penunjang sektor ekonomi di wilayah Solo.

Mengingat, Kota solo telah menjadi rujukan bagi perkembangan batik di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Bila Rekan-rekan berkunjung ke wilayah Solo, jangan lupa untuk mampir sejenak ke pasar klewer ini. Dijamin, teman-teman akan menemukan beragam pernak-pernik bernuansa batik, mulai dari produk celana panjang, rok, kaos, gantungan kunci, wadah laptop dll. Pengunjung akan mendapatinya di lantai 1 dengan kios-kios yang berjajar rapi di dalam maupun di luar toko. Harga batik yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari yang standar, hingga dengan nominal yang mahal. Meski demikian, pasar Klewer tetap menjadi protitas para pengunjung dalam mendapatkan batik yang sesuai dengan kocek. Keberagaman produk dan tawar-menawar menjadi hal yang unik dan dapat dijumpai tatkala sedang melakukan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 6 =