Tips Mencuci dan Merawat Pakaian Batik

Tips Mencuci dan Merawat Pakaian Batik

lerak cuci batikYoungsters, umumnya ketika kita membeli batik, kita sering pula menanyakan kepada pedagang mengenai jenis, cara mencuci dan merawat kain batik. Wajar dan memang bisa dimaklumi, mengingat baju batik memang berbeda bahan kainnya dengan pakaian biasa. Untuk itu berikut ada beberapa cara yang bisa Youngsters praktekkan untuk mencuci pakaian batik:

1. Ketika mencuci kain batik ada beberapa pilihan cara yang bisa kita lakukan. Pertama, bisa menggunakan sabun lerak (sabun khusus untuk mencuci batik). Teman-teman bisa mendapatkannya di toko batik ataupun Laundry. Atau yang paling sederhana menggunakan ramuan garam yang dilarutkan bersama air untuk merendam pakaian batik terlebih dahulu sebelum dicuci menggunakan deterjen biasa.

2. Dua diantaranya bisa kalian pilih. Untuk selanjutnya, sebaiknya kalian memisahkan baju batik yang baru dibeli dan dicuci tersendiri terpisah dari pakaian lainnya. Hal ini untuk menghindari kelunturan pada pakaian lainnya.

3. Selanjutnya, bisa kalian rendam dengan kadar waktu yang semestinya. Jangan terlalu lama dan terlalu cepat.

4. Disarankan kepada kalian agar tidak menggunakan mesin cuci. Pemakaian mesin cuci justru akan merusak kain batik terlebih bila batik tersebut terbuat dari sutera.

5. Kuceklah bagian-bagian pada pakaian batik yang memang memiliki noda, Cara menguceknyapun dengan perlahan dan tidak menggunakan sikat cuci, cukup dengan tangan saja.

6. Setelah selesai, bilaslah dengan air bersih dengan cara dicelup-celupkan.

7. Ketika membilas remaslah dengan perlahan. Meremas terlalu keras dapat merusak serat kain dari batik tersebut.

8. Setelah itu, jemurlah batik dengan menggunakan hanger dan ditempat yang tidak langsung terkena sinar matahari. Hal ini untuk mencegah agar warna batik tidak mudah pudar. Cukup diangin-anginkan saja.

9. Setelah kering, boleh saja disetrika menggunakan setrika biasa dengan kadar panas standar. Namun, disarankan untuk menggunakan handsteamer untuk merapikan dan melincinkannya.

10. Simpanlah batik di lemari Anda. Namun, sebaiknya tidak menggunakan kapur barus, karena dapat merusak serat kain batik. Sebagai gantinya kita bisa menggunakan bahan alami seperti lada dan merica yang dibungkus tisu dan dimasukkan kedalam lemari kita. Bahan ini secara lebih alami akan menjaga baju batik kita selama disimpan di lemari.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Youngsters 🙂