Tips Merawat Batik-mu

posted in: Artikel Batik | 0
buah lerak
buah lerak

Sebagian orang enggan menggunakan batik karena perawatannya yang cenderung lebih istimewa dibanding kain – kain lain. Bagi kami di Medogh, perawatan batik yang khusus justru adalah filosofi tersendiri, perawatan yang membutuhkan ketelatenan itu adalah sebuah penghargaan kepada proses pembuatan batik.

Pembuatan batik melalui beberapa tahap dan dilakukan secara manual atau handmade (tidak dengan mesin, seperti tekstil lain). Ketelatenan dalam merawat produk batik juga akan membangun hubungan emosional antara batik dan pemiliknya.

Langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk merawat batik sebenarnya mudah. Berikut tips singkat yang bisa dilakukan :

  1. Kalau batik tidak begitu kotor (misalnya hanya dipakai sebentar), sebaiknya tidak perlu dicuci, cukup di angin – anginkan atau dijemur di tempat yang teduh.
  2. Cuci batik anda HANYA dengan buah lerak, bahan kimia pabrik apapun akan membuat kain batik anda memudar. Lerak dapat menguatkan warna pada batik. Lerak bisa didapatkan di pasar – pasar tradisional, harganya relatif murah. Toko – toko batik tertentu juga menjual sabun yang disarikan dari buah lerak. Saat inipun, banyak dijual sabun lerak via online.
  3. Untuk mencuci, batik direndam selama 5 menit dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit lerak kemudian dikucek dengan lembut pada bagian yang kotor.
  4. Bilas batik anda kemudian gantung dengan hanger yang tebal. Hindari memeras kain batik, karena akan membuatnya kusut walaupun sudah disetrika.
  5. Hindari menjemur kain batik di bawah terik matahari. Sebaiknya kain batik hanya di angin – anginkan.
  6. Bila sudah kering, setrika dengan panas yang rendah, dan akan lebih baik lagi jika dialasi kain yang tipis.

Tidak begitu sulit ’kan? hanya butuh sedikit ketelatenan. Produk spesial memang perlu dirawat dengan spesial 😉


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + five =