Paris Hilton Pakai Batik – Batik di Kancah Dunia Internasional

posted in: Artikel Batik | 2

Paris Hilton BatikSaat ini, batik telah banyak menjelma dalam berbagai kondisi dan kesempatan. Ia tidak lagi dirasakan lagi sebagai pakaian yang kaku dan hanya digunakan pada saat-saat formal. Namun lebih dari itu, batik kini telah mampu memposisikan dirinya sejajar dengan corak dan trend pakaian lainnya dibelantara nasional hingga internasional. Di berbagai event pagelaran busana, banyak trend dengan nuansa batik yang diusung oleh berbagai desainer nasional hingga dunia.

Di Indonesia misalnya,nama Anne Avantie tak pernah bisa dipisahkan dengan desain pakaian kebaya bernuansa batik. Desain perempuan asal Semarang ini telah banyak digunakan di berbagai event bertaraf Internasional sekelas Miss Universe. Publik figure lainnya seperti Iwet Ramadhan pun kerap tampil elegan dengan busana batiknya. Penyiar Radio Indonesia itu bahkan telah membuat usaha batik dengan label Tikshirt yang dipadupadankan agar bisa menyesuaikan dengan selera anak muda. Artis Indonesia lain seperti Ricky perdana, yang bermain dalam sinetron Hidayahpun kerap menggunakan kaos batik di berbagai kesempatan waktu luang.

Sederetan desainer dan selebritas duniapun tak ketinggalan. Mereka banyak yang menggunakan batik dalam berbagai desain dan hasil rancangannya. Sebut saja Desainer asli Australia yang sangat terkenal di Amerika, Nicole Miller yang sangat terpikat dengan pesona motif batik mega mendung khas Cirebon. Dalam pagelaran busana yang digelarnya, ia menampilkan sederetan desain pakaian dengan nuansa batik. Belum lagi desainer Dries Van Noten yang memamerkan koleksi desainnya dalam acara Koleksi Spring/Summer 2010 lalu. Ia yang merupakan perancang Belgia yang terpikat dengan batik parang. Dalam koleksinya ia mampu dengan apik mengkombinasikan motif batik tersebut dengan nuanasa modern. Julien Macdonald, desainer dunia lainnya pun tak kalah terpikatnya dengan batik yang bercorak langit di awan. Tak tanggung-tanggung ia menampilkan desainnya dalam pagelaran busana tingkat dunia.

Di jajaran artis papan atas dunia, tentu kita tidak lupa dengan Jessica Alba, pemeran superhero dalam Fantastic Four itu menggunakan batik di ajang bergengsi tingkat dunia, belum lagi lenka, Drew Barrymore dengan tas batik yang ia gunakan dalam nuansa santai, hingga Reese Witherspoon yang terlihat casual dengan batik berwarna ungu miliknya, Rachel Bilson yang menggunakan batik di padu dengan cardigan hitam yang menambah kemodisannya secara eksotis. Bahkan artis controversial sekelas Paris Hilton pun menggunakan batik dengan model long dress bewarna Ungu. Bahkan dalam salah satu iklan layanan operator seluler di Indonesia, tak tanggung-tanggung, pihak pengiklan mempopulerkan batik yang dipakai beberapa pemain bola kenamaan dunia dari Klub Manchester United yang menggunakan seragam tim dengan padu padanan kemeja batik sebagai pakaian luar.

Para tokoh dunia seperti Nelson Mandela dan Bill Gates pun tak ketinggalan menggunakan batik. Dengan makin berkibarnya batik di dunia, maka tak heran bila kita harus mencintai batik sebagai warisan budaya bernilai tinggi ini agar tetap lestari dan menjadi kebanggaan negeri.

2 Responses

  1. Ajeng

    Bangga nih, batik sudah populer di dunia…bahkan artis top seperti paris hilton jalan-jalan pakai batik. Kita juga harus bangga neh pakai batik…;)

    Salam
    Ajeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =