Motif Kawung khas Yogyakarta pun Ada pada Jaket Batik Medogh

posted in: Artikel Batik | 0

Jaket Batik Pria dengan Motif Kawung khas Yogyakarta ada di Medogh. Berbeda dengan biasanya. Jaket batik khas Medogh yang didominasi oleh motif parang, saat ini ada juga yang menggunakan Motif Kawung.

Unsur-unsur titik, garis dan bidang yang berulang dan bersifat abstrak (tidak dapat dikenali sebagai bentuk objek alam) inilah yang menjadikan Motif Kawung disebut sebagai motif Geometri. Motif ini bergambar buah pohon kawung/aren (buah kolang-kaling). Motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Bentuk geometris segi empat pada motif kawung melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia. Aren sebagai penghasil gula (simbol rasa manis) memiliki filosofi keagungan dan kebijaksanaan. Pohonnya yang lurus tanpa cabang melambangkan keadilan. Karena itu, motif batik kawung memiliki nilai filosofis tentang kekuasaan yang adil dan bijaksana.

Jaket batik semi blazer merah motif kawung

Zaman dahulu, batik motif kawung dikenakan di kalangan kerajaan. Pejabat kerajaan yang mengenakan batik motif kawung mencerminkan pribadinya sebagai seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hawa nafsu serta menjaga hati nurani agar ada keseimbangan dalam perilaku kehidupan manusia.

Jaket Batik Medogh yang bermotif Kawung adalah jaket batik JA-0502, jumper batik JM-0606, jaket batik semi blazer JA-0609, dan jaket batik Military JA-1005. Kamu juga bisa memesan jaket batik dengan motif kawung koleksi Medogh kesukaanmu lho.. :) Click here to order.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =